Beban Kerja Tak Seimbang Dinkes Ubah Struktur Organisasi

Beban Kerja Tak Seimbang Dinkes Ubah Struktur Organisasi

Struktur organisasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Majene mengalami perubahan. Diharapkan dengan struktur baru ini tak lagi ada bidang yang over beban.

Sebelum perubahan, kesekretariatan dan bidang penanggulangan penyakit memiliki beban besar sehingga dirasakan ada kelebihan beban yang cenderung mengakibatkan ketimpangan kinerja.

"Sebelum perubahan beban tertinggi berada pada kesekretariatan dan Bidang P2 sementara seksi di P2 hanya ada dua sekarang dipecah menjadi tiga seksi," kata Nurgadima, sekretaris Dinkes Majene di ruang kerjanya, Senin 26/10/2015.

Setiap bidang, sebelum perubahan, hanya memiliki dua seksi kecuali kesekretariatan dan bidang penanggulangan penyakit memuat tiga seksi.

Dengan adanya perubahan, semua bagian memuat tiga seksi. Perubahan struktur organisasi ini disahkan melalui Perda Nomor 3 tahun 2015.

Selain adanya penambahan seksi di masing-masing bidang, Perda nomor 3 tahun 2015 ini melakukan perubahan nama atas bidang. Bidang Promosi dan Kesehatan berubah nama menjadi Seksi Pelayanan Kesehatan. Bidang ini memiliki tiga seksi yakni seksi Pelayanan Kesehatan Dasar, Rujukan Tradisional dan Komplementer, Seksi Pembiayaan dan Sarana Kesehatan, Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan.

Bidang Penanggulangan Masalah yang dulu bernama Bidang Penanggulangan Penyakit memiliki seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Vektor, Zoononit, seksi Penyakit Tidak Menular, Jiwa dan Napza, dan seksi Surveilens, Karantina, dan Kesehatan Matra, Wabah dan Bencana.

Bidang Kesehatan Lingkungan melebur kedalam bidang baru yakni Bidang Kesehatan Masyarakat. Seksi-seksi bidang ini adalah seksi KIA, Remaja, dan Usila, seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Kesehatan Olah Raga, dan seksi Gizi Masyarakat.

Ada juga Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Farmasi yang memiliki seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan, seksi Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, dan seksi Regulasi dan Akreditasi Kesehatan.

Sementara Sekretariat menaungi tiga sub bagian terdiri dari sub bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, sub bagian Umum dan Kepegawaian, dan sub bagian Keuangan.

Perubahan struktur kelembagaan Dinas Kesehatan ini ditetapkan pada 24 Juni 2015.(tim media)


KOMENTAR
Tulis Komentar Disini