Musnahkan Miras, Makanan Kadaluarsa dan Obat Keras di Perkampungan Warga

Musnahkan Miras, Makanan  Kadaluarsa dan Obat Keras  di Perkampungan Warga

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan Kab Mejene, drg. Nurwan Katta (paling kanan) bersama Kapolres, Wabup, Wakil Ketua DPRD dan anggota Kodim 1401 Majene foto bersama sesaat sebelum pemusnahan.


Anggota masyarakat, baik pedagang maupun konsumen belum sadar akan bahaya minuman keras (miras), makanan dan minuman kadaluarsa, serta penggunaan obat keras dapat mengganggu keamanan, ketertiba masyarakat (kamtibmas) itu sendiri.

Hal ini disimpulkan dengan masih banyaknya  benda terlarang disita dari penjual di berbagai tempat di Kabupaten ini. Benda terlarang itu ditemukan masih diperjual belikan. Ada penjual ada pembeli atau sebaliknya, ada peminat ada yang menyediakan.
Dalam rangka memasuki bulan suci Ramadan, Dinas Kesehatan bersama tim gabungan di backup Polres Majene melakukan operasi terhadap benda haram dan berbahaya itu. Setelah operasi dan penyitaan benda haram dan berbahaya itu dilakukanlah pemusnahan.
Pemusnahan dilakukan di tengah-tengah perkampungan warga. Pemusnahan di tengah perkampungan ini bertujuan memberi pesan kepada masyarakat tidak menjual dan mengonsumsi minuman haram dan makanan berbahaya.
Saat pemusnahan miras, makanan dan minuman kedaluarsa, dan obat terlarang tersebut, disaksikan oleh Forkompimda, MUI, Kepala BNK Kab Majene, dan para tokoh agama seta tokoh masyarakat Kabupaten Majene.
Kapolres Majene yang menjadi leader dalam pemusnahan ini mengajak semua pihak untuk memberantas penyakit masyarakat karena polisi tidak mampu melakukan secara sendiri-sendiri.
Dalam catatan Polres dan Dinkes Majene,  barang bukti miras dan obat-obatan keras yang dimusnahkan, antara lain :
- 60 botol aqua isi miras berupa tuak/manyang
- 48 botol miras merek angker
- 65 botol miras wiski
- 84 pro miras beer,
- 3 botol miras Mc donald,
- 150 pack makanan kadaluarsa,
- 90 minuman kadaluarsa,
- 50 botol obat-obatan kadaluarsa, dan
- 15 pack obat-obatan golongan keras.
Pemusnahan barang bukti miras, makanan minuman kadaluarsa dan obat keras tersebeut dilaksanakan di Lingkungan Binanga Kelurahan Labuang Kecamatan Banggae Timur., 16 Mei 2018 . (*)


KOMENTAR
Tulis Komentar Disini